Wednesday 24 April 2013

MIRAS ….LO-GUA END…



*      SEJARAH MIRAS DAN MINOL

Teknologi pembuatan Minuman Beralkohol/Minol dan Minuman Keras/Miras telah dikenal peradaban manusia sejak 10.000 tahun lampau. Beragam teknik dan cara pembuatan Minol ditemukan beragam bangsa didunia. Pada awalnya, Minol digunakan untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan keberanian dalam pertempuran, pengikat perjanjian damai, hingga digunakan dalam perayaan.
Namun seiring perkembangan jaman dan tingkat kesejahteraan manusia yang makin meningkat. Tujuan penggunaan Minol sudah kian terdegradasi. Hingga yang lebih banyak diproduksi adalah Minuman beralkohol Tinggi atau lebih dikenal dengan Minuman Keras atau Miras.
Minol tertua ditemukan di Mesir, terbukti dengan ditemukannya kendi bir jaman Periode Neolitik. Berarti bangsa Mesir sudah mengenal Minol sejak tahun 10.000 SM. Mereka meyakini bahwa Dewa Osiris adalah Dewa yang menemukan Bir. Minol digunakan untuk kesenangan, ritual, obat-obatan, serta upacara penguburan.
Di Cina, ditemukan Guci anggur dari Jiahu yang bertanggal sekitar tahun 7000 SM, sebagai bukti paling awal sejarah keberadaan Minol disana. Adapula di Yunani yang menemukan Minol berlabel Mead sejak tahun 2000 SM yang terbuat dari fermentasi madu. Sedangkan di India, Minol dikenal pada era Chalcolitic yang disebut-sebut sebai bagian dari peradaban Lembah Indus.
Di masa lalu, penggunaan Minol erat kaitannya dengan ritual dan upacara keagamaan. Atau sebagai minuman penghangat tubuh untuk bangsa-bangsa yang mempunyai iklim dingin di negaranya.



*      EFEK MIRAS DAN MINOL

Mengkonsumsi Minol memunculkan beragam efek bagi tubuh. Dia memunculkan beragam kondisi untuk penggunanya yakni :
1.       Konsumsi Rendah
Untuk konsumsi rendah, Minol diyakini mempunyai efek mengurangi ketegangan, melemaskan otot-otot, menurunkan refleks, dan juga mengurangi waktu reaksi dan koordinasi. Hal inilah yang dijadikan alasan konsumsi Minol di Negara-negara yang tidak mengharamkan Minol.
2.       Konsumsi Medium
Untuk Konsumsi medium, Minol menyebabkan mengantuk dan perubahan suasana hati. Kondisi seperti ini yang kerap disalahgunakan peminumnya untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Seperti mendongkrak rasa Percaya diri, membuat perasaan gembira, dll. Sehingga membuat orang ketagihan menggunakannya.
3.       Konsumsi Tinggi
Penggunaan Minol dalam dosis tinggi, menyebabkan manusia kesulitan bernapas, bahkan gagal bernapas, muntah, serangan panik, tidak sadar, termasuk menyebabkan koma. Konsumsi Tinggi ini identik dengan Minuman beralkohol Tinggi atau Miras.


Kondisi terakhir inilah yang membuat Minol dikategorikan sebagi Minuman berbahaya untuk tubuh. Dalam Jangka Pendek, penggunaan Minol akan mempengaruhi sistem saraf dengan menghambat distribusi sinyal antara saraf tulang belakang dengan otak. Sehingga saraf menjadi mati rasa akibat Minol diserap oleh darah.
Minol juga dikenal meningkatkan aktivitas ‘asam gamma aminobutyric’ (GABA) dan melemahkan ‘glutamin’.Akibatnya, koordinasi tubuh seseorang menjadi tumpul. Kurangnya koordinasi dan perilaku yang tidak terkontrol merupakan efek paling terlihat ketika seseorang mabuk
Efek Jangka Panjang, Minol menubah sel-sel tubuh menjadi semipermeabel atau lebih tebal. Sel-sel yang tidak sehat ini berakibat melemahkan system saraf. Hingga tak heran, pengguna Minol rentan terhadap berbagai penyakit berat seperti jantung, stroke, demensia dan lain-lain.
Minol juga merusak kedua lobus frontal, sekaligus mengurangi berat dan ukuran otak. Sehingga tubuh gagal menyerap vitamin B-1. Keadaan seperti ini berdampak pada sulitnya tubuh untuk melakukan koordinasi, gangguan penglihatan, ingatan jangka pendek terganggu, dan kebingungan.
Yang lebih parahnya lagi tentu efek Kecanduan Minol. Seseorang yang sudah kecanduan akan mengalami perasaan panik, cemas, tremor, mual, dan sulit tidur. Problem seperti inilah yang menyebabkan produktifitas seorang manusia menurun.
Dengan kata lain, Minol ataupun Miras sama bahayanya jika dikonsumsi dalam dosis apapun.



*      SELAMAT TINGGAL MIRAS DAN MINOL

Efek bahaya Minol dan Miras bukan hanya untuk diri sendiri. Tetap juga bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Dengan tak terkendalinya emosi pengguna Miras, maka lingkungan sekitarnya terancam bahaya. Pengguna bisa menjadi agresif untuk melakukan tindak kejahatan dan sejenisnya. Ini dibuktikan dengan fakta, bahwa banyak tindak kejahatan dan tindak ancaman lingkungan lainnya berawal dari orang yang mengkonsumsi Miras.

Ditengah arus informasi yang tanpa batas, Lingkungan seseorang memang berpengaruh besar terhadap pengkonsumsi Miras. Sudah menjadi hal tak terbantahkan, bahwa pengaruh teman, pergaulan dan lingkungan bisa memaksa seseorang menjadi pemabuk berat. Meskipun berasal dari keluarga yang bebas dari Minuman Keras.
Akibat arus informasi yang terlalu global memungkinkan orang kian permissive terhadap Miras dan Minol. Ditambah lagi pola pikir yang terasuki oleh pemahaman Miras di Negara-negara yang tidak mengharamkan Miras lewat media Film, fashion dan sejenisnya. Hingga budaya konsumsi Miras diadopsi mentah-mentah oleh anak negeri. 


Generasi sekarang sudah teramat cerdas. Bila dahulu orang-orang akan patuh begitu saja kala orang tua atau guru agama mengultimatum bahwa Minuman Keras itu haram. Generasi sekarang selalu mempertanyakan Mengapa Minuman Keras diharamkan agama.
Perlu diberikan pola pengajaran yang baru mengenai Miras untuk Generasi masa kini. Bukan hanya sebatas Pengetahuan Agama. Namun harus ditambah Pengetahuan Logis tentang bahaya yang dikandungnya.
Tak perlu kampanye yang jor-joran dan megah. Tapi dimulailah dari keluarga dan lingkungan sekitar. Ada Banner edukasi kecil-kecilan di media sosial dan sejenisnya. Jadi setiap orang yang melihat akan selalu diingatkan. Generasi jaman sekarang memang lebih senang membaca. Daripada mendengar ocehan orang tua, teman atau tokoh-tokoh tertentu. Karena mereka menganggap ocehan tentang ini-itu hanya membuat kuping panas, kesal dan hati gerah.
Undang-Undang Anti Miras, Hukuman berat atau apapun. Tak akan berarti apa-apa jika Pemerintah dan seluruh koloni negeri masih setengah hati menegakannya. Dalam sebuah koloni, selalu ada oknum yang mencari keuntungan. Jadi jangan heran kalau beragam kondisi Anti Miras selalu terkendala.


Jadi Bersiaplah dengan kampanye Anti Miras yang lebih elegan dan tenang. 
Mari mulai dengan up date status… ANTI MIRAS…..

1 comment:

  1. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    ReplyDelete