Thursday 22 November 2012

Bersama COMMON WEALTH… Semua Pasti Happy


Awal bulan kemarin, sepupu saya tergopoh-gopoh datang ke rumah. Saya cukup kaget dengan kedatangannya. Maklum sejak dia menikah sepuluh tahun yang lalu, kami tak pernah berjumpa.
Dari segi pemikiran, diantara kami memang cukup berseberangan. Dia memilih menikah selepas SMA. Maklum orang tuanya termasuk orang terpandang di kota kami. Pedagang yang cukup berhasil. Beberapa toko yang dikelolanya termasuk yang maju pesat. Makanya sepupu saya itu memilih menikah dan mengelola salah satu toko kepunyaan orang tuanya.
Berbeda dengan saya yang lebih memilih melanjutkan sekolah meski dengan dana yang seadanya.
Kehidupan memang selalu berubah tanpa disadari. Dari yang tadinya hidup berkecukupan, suatu saat dapat kembali ke titik nol secara tiba-tiba. Begitu juga dengan sepupu saya. Kehidupannya perlahan menurun setelah kematian sang ayah.
Entah kenapa, toko yang tadinya ramai pengunjung. Perlahan meredup. Tergantikan oleh toko-toko baru yang menawarkan sensasi baru juga pada pembeli.
Diawal-awal menikah, saya sempat memberikan pencerahan pada sepupu saya tentang pentingnya jaminan masa depan. Tak melulu soal Rekening Gemuk di sejumlah Bank. Namun perlu juga menopang masa depan dengan sebuah Asuransi Jiwa. Sayangnya dia tak tertarik.
Memang, untuk kalangan menengah yang tingkat pendidikannya tidak begitu tinggi. Asuransi Jiwa sedikit terstigma negatif. Biasanya erat kaitannya dengan proses klaim yang berbelit-belit. Birokrasinya cukup rumit. Padahal Klien Asuransi Jiwa bukan Pengemis. Dia hanya meminta haknya sebagai pemegang polis.
Makanya sepupu saya sedikit heran ketika saya ajak mengunjungi sebuah situs Asuransi Jiwa Terbaik  di internet yang  bernama PT Commonwealth Life.
Sebenarnya Commonwealth Life sudah ada di Indonesia 1992 dengan nama Astra Jardine namun berubah nama menjadi Astra CMG Life sampai dengan tahun 2007. PT Commonwealth Life baru diresmikan Juli 2007, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor W7-07188 HT.01.04-TH 2007 tentang Persetujuan Akta Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas.
Saham PT Commonwealth Life 80 % nya di punyai Commonwealth Bank of Australia (CBA). CBA adalah salah satu perusahaan penyedia jasa keuangan terkemuka yang menguasai industri perbankan dan asuransi di Australia. Saat ini Commonwealth Life  tersebar di 19 kota besar dan didukung oleh lebih dari 7.500 Sales Force di seluruh Indonesia yang melayani Nasabah individu dan kumpulan.
Sebagai Asuransi Jiwa Indonesia,  Commonwealth Life menawarkan produk asuransi seperti:
1.      Proteksi, simpanan & Investasi dalam program unit link Investra Link
2.      Asuransi jiwa tradisional (Danatra Cendekia, Danatra Sejahtera)
3.      Perlindungan terhadap tabungan dan kredit (COMM Protection)
4.      Program asuransi tambahan (asuransi kecelakaan, jaminan rawat inap, penyakit kritis).
Investra Link  merupakan program yang memadukan Asuransi Jiwa dan Investasi secara fleksibel. Menawarkan perlindungan asuransi jiwa dengan beragam pilihan perlindungan bagi ketenangan hidup Anda dan keluarga. Beragam tujuan masa depan seperti pendidikan anak, persiapan masa pensiun, serta pertumbuhan investasi dapat direncanakan dengan Investra Link 
Keunggulan Investra Link yaitu : 
·                     Memberikan manfaat perlindungan jiwa seumur hidup, beragam pilihan perlindungan asuransi tambahan dan penyakit kritis.
·                     Memberikan perlindungan terhadap Penyakit yang Tidak Tersembuhkan, berupa manfaat sebesar 50% dari Uang Pertanggungan, bila Anda didiagnosa menderita Penyakit yang Tidak Tersembuhkan dan tidak dapat bertahan hidup lebih dari 12 bulan yang dinyatakan dengan bukti medis. Sisa dari Uang Pertanggungan akan diberikan kemudian bila meninggal dunia.
·                     Potensi hasil investasi yang optimal melalui 12 pilihan jenis dana investasi (termasuk 2 jenis dana investasi Syariah) sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda.
·                     Fasilitas Inflation Link untuk menjaga nilai ekonomis Uang Pertanggungan dari pengaruh inflasi (khusus Premi Berkala)
Untuk produk-produk PT Commonwealth Life yang lain bisa menghubungi call center 500 525Kantor Pemasaran PT. Commonwealth Life terdekat atau Agency Sales Force PT Commonwealth Life yang tersertifikasi dan terlatih secara profesional dalam memberikan perencanaan perlindungan dan investasi sesuai dengan kebutuhan Anda
Dari segi pengurusan Klaim juga cukup mudah. Cukup mengisi formulir klaim dan melengkapi dengan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan jenis klaim yang di ajukan. Untuk mendapatkan formulir klaim, tinggal mengakses website   www.commlife.co.id  atau langsung menghubungi kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.
 DOKUMEN / PERSYARATAN KLAIM :
Klaim Meninggal :
·                     Formulir klaim ( K1 diisi oleh ahli waris dan K2 diisi oleh dokter )
·                     Polis
·                     KTP Tertanggung ( SIM bila kecelakaan )
·                     KTP ahli waris
·                     Sertifikat / Surat keterangan kematian
·                     Surat izin pemakaman / kremasi
·                     Surat evakuasi jenazah ( jika meninggal di luar negeri )
·                     BAP polisi ( jika meninggal secara tidak wajar dan kecelakaan )
·                     Medical Report ( catatan lengkap selama dirawat di rumah sakit )
·                     Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Penanggung
 Klaim Rawat Inap / Penyakit Kritis / Pembebasan Premi / Cacat / Penyakit Tak Tersembuhkan :
·                     Formulir klaim ( M1 diisi oleh Tertanggung dan M2 diisi oleh dokter )
·                     Polis
·                     KTP Tertanggung / bukti diri lain untuk tertanggung tambahan
·                     Kwitansi RS asli / legalisir rumah sakit
·                     Medical Report ( catatan lengkap selama pasien dirawat di rumah sakit )
·                     BAP polisi ( untuk kasus kecelakaan )
·                     Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Penanggung
 CARA MENGAJUKAN KLAIM, cukup datang ke Kantor Pemasaran PT Commonwealth Life terdekat untuk menyerahkan formulir beserta dokumen klaim dan mintalah tanda terima sebagai bukti  telah mengajukan klaim.
Selanjutnya, biar para petugas Commonwealth Life yang bekerja dan memprosesnya. Yang harus diingat hanyalah pengisian Formulir klaim yang lengkap. Juga dokumen pendukung sesuai dengan persyaratan yang ada. Karena seluruh formulir beserta dokumen klaim akan dikirimkan ke kantor pusat Commonwealth Life untuk diproses lebih lanjut.
PEMBAYARAN KLAIM, oleh PT Commonwealth Life kepada Pemegang Polis langsung di transfer ke rekening Pemohon. Jadi jangan lupa untuk mencantumkan secara lengkap nama serta no. rekening untuk proses pembayaran klaim dan pastikan bahwa ejaan nama sesuai dengan yang tercantum di buku rekening.
Khusus untuk klaim meninggal dimana ada beberapa ahli waris maka masing-masing ahli waris dapat menunjuk seorang wakilnya untuk menerima pembayaran klaim dengan melampirkan surat kuasa (draft surat kuasa dapat diminta di masing-masing Kantor Pemasaran Commonwealth Life)
Nah, cukup mudah kan !
Sepupu saya pun mendapat pencerahan baru mengenai Asuransi Jiwa Indonesia. Sayang, tetep saja kali ini saya harus rela meminjamkan tabungan saya untuknya…
Dasar Nasib……………                        

No comments:

Post a Comment