Thursday 16 May 2013

Karena Epson L- Series… Galih Bisa Membaca


Suatu hari saya dikenalkan oleh kakak dengan Bu Dea. Seorang teman kakak saya yang sehari-hari menjadi pedagang di pasar Tanjungsari-Sumedang. Dia mengeluh bahwa anaknya yang sudah kelas dua SD belum bisa membaca dan menulis.

Saya tak habis pikir, apa saja yang dilakukan sang anak dan gurunya selama tiga jam di dalam kelas. Benar-benar tak masuk akal. Saya pun berseloroh pada kakak, bahwa saya bisa membuat anak itu bisa membaca dalam jangka waktu 24 kali pertemuan.
Rupanya candaan saya disampaikan kakak pada Ibu Dea. Dia pun meminta pertanggungjawaban untuk membuktikan kata-kata saya. Tentu saja saya jadi kalang kabut sendiri. Kok candaan, bisa dianggap serius oleh mereka. Karena Bu Dea terus mendesak. Saya pun dengan sedikit terpaksa menyanggupinya. 


Pertemuan pertama dengan anak itu, namanya Galih. Menyisakan beragam tanya didalam benak saya. Apa sebenarnya yang dilakukan seorang guru di dalam kelas setiap hari. Galih memang terkesan nakal, tapi cukup kooperatif jika diminta melakukan sesuatu sesuai kehendak saya. Menurut pemahaman saya, Galih hanya butuh sedikit perhatian saja untuk membuatnya menjadi bersemangat untuk menaklukan dunia ( haha lebay ya..)


Tapi itulah kenyataannya. Selama ini Galih hanya bertemankan seorang pembantu yang sudah sepuh dirumahnya. Bu Dea dan suaminya sibuk menjalankan usaha tokonya di pasar. Pergi gelap, pulang pun gelap. Tujuh hari dalam sepekan. Jadi tak pernah memperhatikan Galih dan adik-adiknya.
Beruntung Galih tidak kelewat nakal seperti yang banyak digambarkan di sinetron-sinetron. Dia hanya ‘sedikit’ nakal. Dan itu menurutku wajar-wajar saja. Galih hanya butuh sebuah sentuhan yang akan mengembalikannya pada jalan yang benar.
Saya membuatkannya beragam kartu hurup dengan gambar-gambar indah yang mencolok. Membuat Galih jadi semangat belajar. Gambar-gambar eye catching itu saya membuatnya dengan printer Epson L- series. Printer multi fungsi yang super hemat.


Singkat kata, dengan metoda kartu huruf yang saya perkenalkan. Dalam waktu 16 kali pertemuan, Galih sudah bisa membaca meski masih patah-patah. Kini dia sudah mulai tertarik untuk membaca setiap tulisan yang ditemukannya dimanapun. Saya senang. Keberhasilan Galih ternyata berawal dari sebuah candaan saya yang konyol.
Saya memenuhi janji pada ibu Dea. Hanya tiga bulan mengajar Galih secara privat. Bu Dea sangat kecewa dengan keputusan saya meninggalkan Galih yang mulai gemar membaca. 


Walau begitu saya yakin, Galih sudah mulai mampu berdiri tegar untuk menaklukan dunia.
Terima kasih Epson….
 

Resolusi cetak 5760×1440 dpi
- OS Compatibility Windows : Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7 dan MAC : Mac OS X 10.5.8, 10.6.x, 10.7.x
- Kecepatan cetak 9dpi (teks hitam)
- Printing Method InkJet Max. Media SizesA4 Max. Resolution5760
- Dimension (WHD) 472 x 145 x 300 mm (WxHxD) Weight4.4 kg, Consumables Compatible with :
• Black Ink Cartridge [T6641]
• Cyan Ink Cartridge [T6642]
• Magenta Ink Cartridge [T6643]
• Yellow Ink Cartridge [T6644]
- Compatible Media Sizes A4, A5, A6, B5, 10x15cm (4x6"), 13x18cm (5x7"), 9x13cm (3.5x5"), Letter (8.5x11"), Legal (8.5x14"), 13x20cm (5x8"), 20x25cm (8x10"), 16:9 wide size, 100x148mm, Envelopes: #10 (4.125x9.5"), DL (110x220mm), C6 (114x162mm)
- Koneksi printer : USB 2.0
- Power Consumption :
• Standalone Copying : Approx. 12W
• Standby : Approx. 3.5W
• Sleep : Approx. 1.5W
• Power Off : Approx. 0.3W
- Kecepatan mengcopy dokument 360×360 dpi (5 detik per copy)

No comments:

Post a Comment