Sunday 10 February 2013

RESEP CINTA…….. Untuk Bersahabat Dengan Alam


Keponakan-keponakan saya semakin besar. Waktu telah mengubah mereka menjadi anak-anak Abege yang manis. Satu anugerah tersendiri berhasil menjadi ‘teman dekat’ untuk mereka. Bagi anak-anak labil seusia mereka, biasanya mulai ingin menjauh dari ayah dan ibunya. Memilih mencari orang baru untuk dijadikannya ‘teman curhat’. 

Beruntung, semua anak-anak manis itu memilih saya sebagai tempat berkeluh-kesahnya. Mereka tak memilih orang luar. Saya pun cukup senang. Dengan begitu, tak perlu ada kekhawatiran kakak-kakak saya kalau anaknya mendapat nasehat ‘ajaib’ dari orang yang kurang bertanggungjawab.
Paling sedikit, seminggu sekali mereka berkunjung ke rumah. Bahkan menginap. Saya menyayangi mereka sepenuh hati. Di rumah saya, mereka bebas mengekpresikan diri seutuhnya. Bermain dipematang sawah atau kebun. Memancing dan bersendagurau sambil memasak bersama. Kegiatan khas anak Abege yang biasanya ditentang orang tua mereka. Saya membebaskan mereka melakukannya di rumah. Kebetulan saya punya rumah yang berada di sebuah desa sejuk nan indah.

Untuk soal perbekalan konsumsi, saya biasa memanfaatkan aneka sumber logistik yang berada dipekarangan rumah. Seperti singkong dan sayuran dari kebun, atau ikan dari kolam sendiri. Terkadang mencari keong sawah nan lezat di sawah seberang rumah. 

Anak-anak Abege itu sangat senang terlibat aktif dalam setiap usaha menyiapkan makanan. Mereka terlihat bahagia saat mencari keong, memancing ikan atau mengambil singkong dan sayuran di kebun. Sepertinya kegiatan di alam terbuka, sanggup membuat mereka berpaling dari kesehariannya tenggelam bersama televisi, gadget dan buku-buku sekolah.
Untuk soal camilan, mereka sangat happy saat membuat Bola Ubi Keju. Sebenarnya, camilan favorit itu mempunyai cerita unik yang menggelikan. Bermula ketika isi kulkas yang tinggal menyisakan keju dan corn flake. Bahan makanan lain sudah habis. Sedangkan hujan terus tercurah seharian. Untuk belanja ke supermarket atau pasar, perlu 15 menit naik motor. Ogah banget jika harus menembus hujan dan cuaca dingin. Padahal perut masih menuntut untuk terpuaskan.
 
Saya iseng membuka Resepkita.com. Akhirnya ditemukanlah resep Bola Ubi Keju. Bahannya sederhana sekali yakni :
1.      750 gram singkong
2.      1. sendok teh garam
3.      2 sendok makan Nestlé DANCOW Fullcream
4.      1 sendok makan mentega
5.      Minyak goreng secukupnya
6.      200 gram keju cheddar parut
7.      1 putih telur ayam
8.      20 gram Nestlé CORNFLAKES, memarkan halus

Cara Membuatnya cukup mudah :
1.      Kupas singkong, potong-potong, lalu cuci bersih
2.      Kukus hingga matang dan empuk
3.      Selagi masih panas, haluskan singkong
4.      Campur singkong dengan keju, garam dan mentega hingga rata
5.      Bentuk singkong menjadi bola-bola sedang
6. Pipihkan, isi dengan keju parut, bulatkan kembali
7. Celupkan dalam putih telur lalu gulingkan dalam cornflakes hingga rata
8. Diamkan hingga agak kering
9. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan
10. Angkat, tiriskan. Sajikan selagi hangat lebih enak


Sudah sebulan ini Bola Ubi Keju dari koki Resepkita.com Menjadi resep favorit untuk camilan kami. Apalagi di saat musim hujan seperti ini. Disantap pagi hari, ditemani secangkir teh hangat, sambil berdiang di depan perapian. Uhh…. Sedap……

Keponakan-keponakan saya berkelakar sambil tertawa :
“ Wah… kalau begini terus, pohon singkong di pekarangan rumah lama-lama bisa habis nih. Kita harus menanaminya kembali. Biar bisa merasakan lezatnya Bola Ubi Keju setiap saat. Setuju kan Om ? “
Saya hanya mengangguk sambil tersenyum. Ternyata lewat cara yang sederhana. Kesadaran mereka untuk bersahabat dengan alam, terbentuk dengan sendirinya. Semoga semangat kecil mereka menjadi awal untuk mencintai alam semesta seutuhnya. 

                                 Terima kasih………….. Resepkita.com

No comments:

Post a Comment