Awal
bulan kemarin, sepupu saya tergopoh-gopoh datang ke rumah. Saya cukup kaget
dengan kedatangannya. Maklum sejak dia menikah sepuluh tahun yang lalu, kami
tak pernah berjumpa.
Dari
segi pemikiran, diantara kami memang cukup berseberangan. Dia memilih menikah
selepas SMA. Maklum orang tuanya termasuk orang terpandang di kota kami. Pedagang yang cukup berhasil.
Beberapa toko yang dikelolanya termasuk yang maju pesat. Makanya sepupu saya
itu memilih menikah dan mengelola salah satu toko kepunyaan orang tuanya.
Berbeda
dengan saya yang lebih memilih melanjutkan sekolah meski dengan dana yang seadanya.
Kehidupan
memang selalu berubah tanpa disadari. Dari yang tadinya hidup berkecukupan,
suatu saat dapat kembali ke titik nol secara tiba-tiba. Begitu juga dengan
sepupu saya. Kehidupannya perlahan menurun setelah kematian sang ayah.
Entah
kenapa, toko yang tadinya ramai pengunjung. Perlahan meredup. Tergantikan oleh
toko-toko baru yang menawarkan sensasi baru juga pada pembeli.
Diawal-awal
menikah, saya sempat memberikan pencerahan pada sepupu saya tentang pentingnya
jaminan masa depan. Tak melulu soal Rekening Gemuk di sejumlah Bank.
Namun perlu juga menopang masa depan dengan sebuah Asuransi Jiwa. Sayangnya dia tak
tertarik.
Memang,
untuk kalangan menengah yang tingkat pendidikannya tidak begitu tinggi. Asuransi Jiwa sedikit terstigma
negatif. Biasanya erat kaitannya dengan proses klaim yang berbelit-belit.
Birokrasinya cukup rumit. Padahal Klien Asuransi Jiwa bukan Pengemis. Dia hanya meminta haknya
sebagai pemegang polis.
Makanya
sepupu saya sedikit heran ketika saya ajak mengunjungi sebuah situs Asuransi Jiwa Terbaik di internet yang bernama PT Commonwealth Life.
Sebenarnya
Commonwealth Life sudah ada
di Indonesia
1992 dengan nama Astra Jardine namun berubah nama menjadi Astra CMG Life sampai
dengan tahun 2007. PT
Commonwealth Life baru diresmikan Juli 2007, berdasarkan Surat Keputusan
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor W7-07188 HT.01.04-TH 2007 tentang
Persetujuan Akta Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas.
Saham PT Commonwealth Life 80 % nya di
punyai Commonwealth Bank of Australia (CBA). CBA
adalah salah satu perusahaan penyedia jasa keuangan terkemuka yang menguasai
industri perbankan dan asuransi di Australia. Saat ini Commonwealth Life tersebar di 19 kota besar dan didukung oleh
lebih dari 7.500 Sales Force di seluruh Indonesia yang melayani Nasabah
individu dan kumpulan.
1.
Proteksi, simpanan & Investasi dalam program unit
link Investra Link
2.
Asuransi jiwa tradisional (Danatra Cendekia,
Danatra Sejahtera)
3.
Perlindungan terhadap tabungan dan kredit (COMM
Protection)
4.
Program asuransi tambahan (asuransi kecelakaan, jaminan
rawat inap, penyakit kritis).
Investra Link merupakan program yang memadukan Asuransi Jiwa
dan Investasi secara fleksibel. Menawarkan perlindungan asuransi jiwa dengan
beragam pilihan perlindungan bagi ketenangan hidup Anda dan keluarga. Beragam
tujuan masa depan seperti pendidikan anak, persiapan masa pensiun, serta
pertumbuhan investasi dapat direncanakan dengan Investra Link
Keunggulan Investra Link yaitu :
·
Memberikan manfaat perlindungan jiwa seumur
hidup, beragam pilihan perlindungan asuransi tambahan dan penyakit kritis.
·
Memberikan perlindungan terhadap Penyakit yang
Tidak Tersembuhkan, berupa manfaat sebesar 50% dari Uang Pertanggungan, bila
Anda didiagnosa menderita Penyakit yang Tidak Tersembuhkan dan tidak dapat
bertahan hidup lebih dari 12 bulan yang dinyatakan dengan bukti medis. Sisa
dari Uang Pertanggungan akan diberikan kemudian bila meninggal dunia.
·
Potensi hasil investasi yang optimal melalui 12
pilihan jenis dana investasi (termasuk 2 jenis dana investasi Syariah) sesuai
dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda.
·
Fasilitas Inflation Link untuk menjaga nilai
ekonomis Uang Pertanggungan dari pengaruh inflasi (khusus Premi Berkala)
Untuk produk-produk PT Commonwealth Life yang lain
bisa menghubungi call center 500 525, Kantor Pemasaran PT. Commonwealth
Life terdekat atau Agency Sales Force PT Commonwealth Life yang
tersertifikasi dan terlatih secara profesional dalam memberikan perencanaan
perlindungan dan investasi sesuai dengan kebutuhan Anda
Dari segi
pengurusan Klaim juga cukup mudah. Cukup mengisi formulir klaim dan melengkapi
dengan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan jenis klaim yang di ajukan. Untuk
mendapatkan formulir klaim, tinggal mengakses website www.commlife.co.id atau langsung menghubungi kantor pemasaran
yang tersebar di seluruh Indonesia.
DOKUMEN
/ PERSYARATAN KLAIM :
Klaim Meninggal :
·
Formulir klaim ( K1 diisi oleh ahli waris dan K2 diisi oleh dokter )
·
Polis
·
KTP Tertanggung ( SIM bila kecelakaan )
·
KTP ahli waris
·
Sertifikat / Surat keterangan kematian
·
Surat
izin pemakaman / kremasi
·
Surat
evakuasi jenazah ( jika meninggal di luar negeri )
·
BAP polisi ( jika meninggal secara tidak wajar
dan kecelakaan )
·
Medical Report ( catatan lengkap selama dirawat
di rumah sakit )
·
Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Penanggung
Klaim Rawat Inap / Penyakit Kritis /
Pembebasan Premi / Cacat / Penyakit Tak Tersembuhkan :
·
Formulir klaim ( M1 diisi oleh Tertanggung dan
M2 diisi oleh dokter )
·
Polis
·
KTP Tertanggung / bukti diri lain untuk
tertanggung tambahan
·
Kwitansi RS asli / legalisir rumah sakit
·
Medical Report ( catatan lengkap selama pasien
dirawat di rumah sakit )
·
BAP polisi ( untuk kasus kecelakaan )
·
Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Penanggung
CARA
MENGAJUKAN KLAIM, cukup datang ke Kantor Pemasaran PT Commonwealth Life terdekat
untuk menyerahkan formulir beserta dokumen klaim dan mintalah tanda terima
sebagai bukti telah mengajukan klaim.
Selanjutnya,
biar para petugas Commonwealth Life yang bekerja
dan memprosesnya. Yang harus diingat hanyalah pengisian Formulir klaim yang lengkap. Juga dokumen pendukung sesuai dengan
persyaratan yang ada. Karena seluruh formulir beserta dokumen klaim akan
dikirimkan ke kantor pusat Commonwealth
Life untuk diproses lebih lanjut.
PEMBAYARAN
KLAIM, oleh PT Commonwealth
Life kepada Pemegang Polis langsung di transfer ke rekening Pemohon. Jadi jangan
lupa untuk mencantumkan secara lengkap nama serta no. rekening untuk proses
pembayaran klaim dan pastikan bahwa ejaan nama sesuai dengan yang tercantum di
buku rekening.
Khusus untuk
klaim meninggal dimana ada beberapa ahli waris maka masing-masing ahli waris
dapat menunjuk seorang wakilnya untuk menerima pembayaran klaim dengan
melampirkan surat kuasa (draft surat kuasa dapat diminta di masing-masing
Kantor Pemasaran Commonwealth
Life)
Nah, cukup mudah kan !
Sepupu saya pun mendapat
pencerahan baru mengenai Asuransi
Jiwa Indonesia. Sayang, tetep saja kali ini saya harus rela meminjamkan tabungan
saya untuknya…
Dasar
Nasib……………
No comments:
Post a Comment